Edward Manalu

""…..Bravo Sosio Christy…..""

  • Amsal 16:3

  • FB

  • Categories

  • OPTION

  • Kalender

    May 2011
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • My-Twitter

    Follow edwardmanalu10 on Twitter

  • AddThis

    Bookmark and Share


  • Ketik kata atau ayat:

     
    Alkitab   Bahan

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Join 8 other followers

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Join 8 other followers

  • My Statistick

    • 45,834 Click
  • Top Created

  • Top-Ten

Bahan Khotbah Yohanes 21:1-14

Posted by Edward Manalu on May 2, 2011

Tuhan Hadir Untuk Memberkati

Pendahuluan

Yesus adalah Tuhan yang bangkit dari kematian, menurut Injil Yohanes pemubuktian kebangkitanNya disampaikan sebanyak tiga kali kepada Murid-MuridNya (Yoh. 19:23-29; 21:1-14) dan sekali kepada Maria Magdalena (Yoh.20:11-18). Kebangkitan Yesus bukan dongeng ataupun cerita fiktif semata, namun kebangkitanNya nyata dalam sejarah kehidupan.

Kebangkitan Yesus menunjukkan nyatanya janji dan kehendak Tuhan Allah, Janji itu dinyatakan bagi sekalian umat manusia melalui murid-murid-Nya. Melalui kebangkitan Yesus Kristus nyatalah bahwa Dia berkuasa atas kematian dan kehidupan.

Garis Besar Renungan
1. Yesus Hadir dalam setiap aktivitas kita
Simon Petrus dan murid yang dikashi Yesus (Yohanes) yang menulis Injil ini bersama-sama dengan murid-murid Yesus dua orang lainnya sedang berada di Pantai Danau Tiberias. Tiba-tiba saja Petrus ingin pergi untuk menangkap ikan dengan jala. Namun murid-murid yang lainnya juga ikut serta bersamanya. Akhirnya satu malaman mereka mencari ikan, namun tidak mendapatkan apa-apa.
Pada saat mereka menuju pantai, maka berkatalah seseorang kepada mereka “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk pauk? Jawab mereka tidak ada (Yoh. 21:5). Lalu Yesus menyuruh mereka untuk menebarkan jalanya disebelah kanan, dan mereka mendapatkan ikan yang banyak. Lalu mereka heran dan berkatalah Yohanes ‘Itu Tuhan’ (Yoh. 21:7).
Setelah kematian Yesus, Ia bangkit kembali, kebangkitanNya tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Yesus mampu hadir dimana-mana dan kapan saja, sebab Dia adalah Tuhan yang berkuasa atas ruang dan waktu. Oleh karena itu, senantiasalah kita rasakan kehadiran Tuhan. Dengan merasakan kehadiran Tuhan dalam setiap waktu dan tempat maka kita akan hidup tenang dan jauh dari melakukan dosa.

2. Jadikan Tuhan yang memimpin dan mengarahkan maka kita akan beroleh berkat
Kehadiran Yesus di pantai Tiberias dan bertemu dengan murid-muridNya memberikan sesuatu hal yang sangat penting. Sebab dengan interaksi yang dilakukan Yesus dengan Murid-MuridNya menunjukkan bahwa Yesus senantiasa memimpin dan mengarahkan orang-orang yang dikasihiNya.
Pada saat Yesus melihat bahwa murid-muridNya tidak mendapatkan apa-apa pada saat mereka menjala ikan, Yesus pun meminta mereka untuk menebarkan jalanya, dan mereka melakukannya tanpa sepatah katapun. Murid-murid mau dipimpin oleh Yesus, akhirnya dengan ketaatan yang ditunjukkan oleh murid-murid, akhirnya membawa perubahan yang luar biasa. Ikan yang tadinya tidak mereka dapatkan seekorpun akhirnya mereka dapatkan dengan banyak (153 ekor).
Oleh karena itu, kita diajak oleh Firman ini untuk senantiasa mau taat dipimpin dan diarahkan oleh Yesus Kristus yang telah bangkit itu. Sebab Dia akan memberikan berkat yang luar biasa, dan yang belum kita pikirkan untuk kita peroleh. Jadilah domba-domba Yesus.
3. Yesus Meminta kita Untuk:
1) Percaya bahwa Dia adalah Tuhan, yang telah dibuktikanNya melalui kebangkitanNya dari antara orang mati.
2) Taat dan melakukan kehendak FirmanNya, sebab dengan ketaatan hal-hal yang luar biasa akan kita peroleh.
3) Membawa beberapa hasil usaha kita untuk Tuhan (Yoh. 21:10) untuk dinikmati bersama dan untuk kemuliaan Tuhan.
4) Setelah hidup taat dengan mendengarkan dan melakukan kehendak Tuhan sampai kepada memberikan kembali pada Tuhan (Penyerahan Diri), maka Tuhan akan kembali memberikan berkatNya yang luar biasa bagi kita yakni “Perjamuan Bersama dengan Tuhan”.
5) Kehadiran Yesus dalam hidup kita akan membaharui kehidupan kita (Lahir Baru). Oleh karenanya, Terimalah Kehadiran Tuhan Yesus dalam Hidup kita, sebab KehadiranNya membawa Berkat.

Created by.
Cln.Pdt.Edward Manalu, S.Th

About these ads

2 Responses to “Bahan Khotbah Yohanes 21:1-14”

  1. Ok… Sama-sama om…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: